PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN
PERUSAHAAN
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan ekonomi yang diorganisasi dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa.
TEMPAT KEDUDUKAN DAN LETAK PERUSAHAAN
Tempat kedudukan perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan dipengaruhi kelancaran hubungan dengan lembaga lain.
Letak perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik. Letak perusahaan dipengaruhi faktor ekonomi terutama berkaitan dengan biaya. Faktor yang mempengaruhi biaya adalah :
- - Harga bahan mentah
- - Tingkat upah buruh
- - Tanah
- - Pajak
- Tingkat produksi tahan lama
- - Biaya atas jasa pihak ketiga
-
Jenis Letak Perusahaan
Letak perusahaan dibedakan menjadi :
1. Terikat Keadaan Alam
Perusahaan yang berkaitan dengan bahan – bahan tambang pada umumnya terletak didaerah faktor produksi alamnya, seperti perusahaan timah, emas, minyak bumi.
2. Terikat Sejarah
Perusahaan menjalankan aktivitasnya disuatu daerah tertentu karena berdasarkan sejarah. Contoh, perusahaan batik banyak didirikan di Yogya, karena pada mulanya batik dikerjakan para wanita keraton serta dengan pertimbangan ketersedianan tenaga kerja yang terampil dan dengan dukungan budaya yang kuat.
3. Terikat Oleh Pemerintah
Letak perusahaan ditentukan pemerintah atas dasar pertimbangan keamanan, politik, kesehatan dan sebagainya. Contoh, letak persusahaan bahan kimia yang berbahaya ditentukan lokasi yang terisolir dari masyarakat agar dampaknya dapat ditekan serendah mungkin.
4. Dipengaruhi oleh Faktor – faktor ekonomi
Faktor yang berpengaruh penting dalam kaitannya dengan pemilihan letak perusahaan yang bersifat industri adalah :
a. Ketersediaan bahan mentah
b. Ketersediaan tenaga air
c. Ketersediaan tenaga kerja
d. Ketersediaan modal
e. Transportasi
f. Kedekatan pasar
g. Kesesuaian iklim
PERUSAHAAN DAN LEMBAGA SOSIAL
Tujuan Pendirian Perusahaan
a. Tujuan Ekonomis
Perusahaan berupaya menciptakan laba, menciptakan pelanggan, dan menjalankan upaya pengembangan pada kebutuhan masyarakat dalam hal produk yang diinginkan, kualitas, harga, kuantitas, waktu pelayanan, kegunaan produk.
b. Tujuan Sosial
Perusahaan diharapkan untuk memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia faktro produksi, maupun masyarakat luas.
Perusahaan Sebagai Suatu Sistem
Perusahaan adalah suatu sistem karena merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai tujuan tertentu. Perusahaan merupakan suatu sistem karena dalam mencapai tujuannya, perusahaan melibatkan unsur-unsur yang ada di perusahaan itu sendiri, maupun unsur-unsur di luar dunia usahanya.
Sistem Perusahaan
Sistem perusahaan memiliki beberapa sifat :
- - Kompleks
- - Sebagai Suatu Kesatuan / Unit
- - Sifatnya Beragam
- - Sifatnya Saling Tergantung
- - Sifatnya Dinamis
Fungsi-fungsi Perusahaan
a. Fungsi Operasi
- Pembelian dan Produksi
- Pemasaran
- Keuangan
- Personalia
- Akuntansi
- Administrasi
- Teknologi Informasi/Komputasi
- Transformasi dan Komunikasi
- Pelayanan Umum
- Hukum/Perundang-undangan dan Humas
b. Fungsi Manajemen
- Perencanaan
- Pengorganisasian
- Pengarahan
- Pengendalian
Ciri-Ciri Perusahaan :
· - Operatif : adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyediaan, ataupun pendistribusian barang dan jasa
· - Koordinatif : diperlukan koordinasi perusahaan kea rah yang sama dan saling mendukung satu sama lain
· - Reguler : diperlukan keteraturan aktivitas agar dapat bergerak maju
· - Dinamis : mampu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap perubahan
· - Formal : merupakan lembaga resmi yang terdaftar di pemerintah
· - Lokasi : dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas
· - Pelayanan Bersyarat : perusahaan menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga perusahaan memperoleh laba
LINGKUNGAN PERUSAHAAN
Lingkungan perusahaan dibedakan menjadi 2 bagian :
1. Lingkungan Eksternal
Merupakan faktor – faktor di luar dunia usaha yang mempengarui kegiatan perusahaan. Lingkungan eksternal dibedakan menjadi lingkungan eksternal Makro dan Lingkungan eksternal Mikro.
- Lingkungan Eksternal Makro adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap lingkungan usaha.
Contoh : Keadaan alam, Politik dan Hankam, Hukum, Perekonomian, Pendidikan dan Teknologi, Sosial dan Budaya, Kependudukan, Hubungan Internasional
- Lingkungan Eksternal Mikro adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh : Pemasok/Supplier, Perantara, Teknologi, Pasar
2. Lingkungan Internal
Merupakan faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
Termasuk dalam lingkungan internal :
§ Tenaga Kerja
§ Peralatan dan Mesin
§ Permodalan
§ Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan, mobilitas fisik
§ Sistem informasi dan administrasi
PENDEKATAN DALAM MELIHAT BISNIS DAN LINGKUNGAN
Lingkungan sangat berhubungan erat dengan keberhasilan memproduksi atau menghasilkan barang yang akan dijual, serta dapat dijadikan sebagai kesempatan perusahaan untuk mengembangkan perusahaan dalam menyesuaikan dengan selera dan kemauan pelanggan di dalam dunia bisnis.
Sumber :
- Widyatmini, Pengantar Bisnis, Gunadarma, Jakarta, 1992
- M. Faud, Christine H, Nurlela, Sugiarto, Paulus YEF, Pengantar Bisnis, Gramedia, Jakarta, 2000
http://deviws94.blogspot.co.id/2014/11/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar